Akuntansi Biaya
Pengertian akuntansi/">Akuntansi Biaya
Pengertian akuntansi biaya ialah suatu proses pencatatan , pengolongan , peringkasan serta penyajian atas biaya pembuatan (produksi) dan penjualan produk atau jasa dengan memakai cara tertentu serta penafsirannya.
akuntansi/">Akuntansi biaya ini sanggup dipakai dalam pemenuhan kebutuhan pihak eksternal (investor atau kreditor) dan pihak internal (manajemen) perusahaan.
Informasi biaya untuk internal perusahaan biasanya disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan manajemen.
Sedangkan yang disajikan untuk pihak eksternal berbentuk laporan keuntungan rugi dan neraca perusahaan.
Khusus manajemen perusahaan , informasi biaya ini begitu penting dan sangat membantu mereka dalam pengambilan sebuah keputusan dalam operasional perusahaan.
Abdul Halim menambahkan mengenai definisi dari akuntansi biaya , menurutnya :
"akuntansi/">Akuntansi biaya ialah akuntansi yang berbicara mengenai penentuan harga pokok (cost) atas suatu produk yang dihasilkan (atau produk yang dijual dipasar) baik itu untuk pemenuhan pesanan dan para pemesan ataupun untuk dijadikan persediaan barang dagang yang nantinya akan dijual".
akuntansi/">Akuntansi biaya ini sanggup dipakai dalam pemenuhan kebutuhan pihak eksternal (investor atau kreditor) dan pihak internal (manajemen) perusahaan.
Informasi biaya untuk internal perusahaan biasanya disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan manajemen.
Sedangkan yang disajikan untuk pihak eksternal berbentuk laporan keuntungan rugi dan neraca perusahaan.
Khusus manajemen perusahaan , informasi biaya ini begitu penting dan sangat membantu mereka dalam pengambilan sebuah keputusan dalam operasional perusahaan.
akuntansi/">Akuntansi%2BBiaya.png" imageanchor="1">akuntansi biaya ialah suatu proses pencatatan akuntansi/">Akuntansi Biaya" border="0" height="227" src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgVHVgn3CeYNl5CN8pTMlD3a1bwFKggwuwPU5IVLmiT5IPsKQwM_C2EsMfB__5PdMnms4KTOWTUw4BrOChezmE0ODNi6UOxYuZ8kpaYQ4HIE_q1BDXpc-Xa0n9tbVbPpbYH24Ncx5AeqM/s1600/akuntansi/">Akuntansi%2BBiaya.png" title="akuntansi/">Akuntansi Biaya" width="320" />
Abdul Halim menambahkan mengenai definisi dari akuntansi biaya , menurutnya :
"akuntansi/">Akuntansi biaya ialah akuntansi yang berbicara mengenai penentuan harga pokok (cost) atas suatu produk yang dihasilkan (atau produk yang dijual dipasar) baik itu untuk pemenuhan pesanan dan para pemesan ataupun untuk dijadikan persediaan barang dagang yang nantinya akan dijual".
Tujuan akuntansi/">Akuntansi Biaya
Tujuan akuntansi biaya antara lain:
Dasar estimasi biaya tersebut ialah data historis , namun fakor lain yang berpotensi mempunyai dampak terhadap biaya juga dipertimbangkan.
Kemudian manajemen akan menelaah apakah biaya-biaya yang terjadi telah sesuai dengan perencanaan estimasi biaya yang telah disusun.
Apabila ada penyimpangan maka manajemen harus menganalisa apa yang menjadi penyebabnya dan memepertimbangkan tindakan koreksi yang dibutuhkan
#1. Perencanaan serta pengendalian biaya
Manajemen menyusun estimasi pendapatan dan biaya dalam pencapaian tujuan yang ditetapkan perusahaan.Dasar estimasi biaya tersebut ialah data historis , namun fakor lain yang berpotensi mempunyai dampak terhadap biaya juga dipertimbangkan.
Kemudian manajemen akan menelaah apakah biaya-biaya yang terjadi telah sesuai dengan perencanaan estimasi biaya yang telah disusun.
Apabila ada penyimpangan maka manajemen harus menganalisa apa yang menjadi penyebabnya dan memepertimbangkan tindakan koreksi yang dibutuhkan
- Untuk memilih harga pokok dari suatu produk ataupun jasa yang diproduksi oleh perusahaan dengan sempurna serta teliti serta meringkas semua biaya produksi atau penyerahan jasa.
Maka dari itu , proses penyusunan akuntansi biaya ini dalam penentuan harga pokoknya berdasarkan pada Standar akuntansi/">Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku
#3. Pengambilan Keputusan Manajemen
Laporan akuntansi biaya yang bertujuan untuk pengambilan sebuah keputusan merupakan kepingan dari "akuntansi-manajemen" target="_blank">akuntansi manajemen"
Pengklasifikasian Biaya
Pengklasifikasian atau penggolongan biaya merupakan suatu proses mengelompokkan dengan sistematis atas seluruh elemen yang ada menjadi kelompok kelompok tertentu semoga lebih ringkas supaya sanggup menyajikan informasi yang lebih rinci
Biaya merupakan suatu pengorbanan dari sumber ekonomi yang sanggup diukur dalam satuan uang yang sudah terjadi atau mungkin akan terjadi untuk suatu tujuan tertentu.
Unsur unsur pokok dari biaya adalah:
Unsur unsur pokok dari biaya adalah:
- Biaya ialah pengorbanan suatu sumber ekonomi
- Diukur dengan satuan uang
- Sudah terjadi atau berpotensi terjadi
- Untuk suatu tujuan tertentu
Umumnya biaya ditentukan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dengan pengelompokan tersebut. Didalam akuntansi biaya biasa dikenal dengan istilah different costs for different purposes.
Ada 5 cara dalam penggolongan biaya:
1. Berdasarkan Obyek Pengeluaran.
Nama objek pengeluaran ialah dasar penggolongan biaya.Contohnya materi bakar , maka seluruh pengeluaran yang terkait dengan materi bakar disebut dengan biaya materi bakar
2. Berdasarkan Fungsi Pokok dalam Perusahaan.
Pada perusahaan manufakture , terdapat 4 fungsi pokok , diantaranya: fungsi produksi , fungsi pemasaran , fungsi administrasi , dan fungsi keuanganA. Fungsi Produksi
Fungsi Produksi merupakan fungsi yang selalu bekerjasama dengan acara pengolahan raw material (bahan baku) menjadi produk yang siap jual.
Berdasar pada fungsi produksi , biaya produksi sanggup dikelompokkan kedalam beberapa kelompok:
1. Biaya Tenaga Kerja Langsung , merupakan imbalan (balas jasa) yang diberikan kepada tenaga kerja (karyawan) pabrik yang keuntungannya terasa secara pribadi pada produk yang dihasilkan perusahaan
2. Biaya Overhead Pabrik , merupakan biaya produksi yang selain dari biaya tenaga kerja pribadi (BTKL) dan biaya materi baku (BB). mempunyai elemen-elemen yang sanggup digolongkan kedalam:
Biaya materi baku penolong. | Biaya listrik , air pabrik | |
Biaya tenaga kerja tak langsung | Biaya insurance pabrik | |
Biaya depresiasi dan akuntansi-manajemen" target="_blank">amortisasi aset tetap pabrik | Biaya overhead lain - lain | |
Biaya reparasi dan maintenance aset tetap pabrik |
B. Fungsi Pemasaran
Fungsi pemasaran merupakan fungsi yang terkait dengan acara penjualan produk jadi siap jual dan sanggup mendapat keuntungan yang sesuai dengan keinginan.
Biaya pemasaran merupakan biaya untuk menjalankan acara pemasaran , contohnya :
Biaya iklan | Biaya angkut penjualan | |
Biaya promosi | Biaya honor kepingan pemasaran |
C. Fungsi Administrasi dan Umum
Fungsi ini merupakan fungsi yang terkait dengan acara dalam penentuan suatu kebijakan , pengarahan , serta pengawasan acara perusahaan secara menyeluruh suapa sanggup berjalan dengan efektif dan efisien.
Berdasarkan fungsi manajemen dan umum , biaya sanggup digolongkan kedalam biaya manajemen dan umum.
Yaitu biaya yang dikorbankan dalam mengkoordinir acara produksi dan pemasaran.
Contohnya , biaya honor divisi keuangan , akuntansi , biaya investigasi akuntan , biaya personalia dan lain lain
D. Fungsi Keuangan
Fungsi keuangan merupakan yang berkaitan dengan acara keuangan , penyediaan dana yang diperlukan oleh perusahaan.
Biaya ini dinamanakan biaya keuangan.
Contohnya biaya bunga.
3. Berdasarkan Hubungan Biaya dengan yang Dibiayai
Pusat biaya sanggup dihubungkan dengan produk yang diproduksi (dihasilkan) , departemen yang terdapat pada pabrik , wilayah pemasaran ataupun bagian-bagian didalam perusahaan.Pengelompokan biaya berdasarkan objek atau sentra biaya sanggup dibagi menjadi;
- Direct Cost (Biaya Langsung) , merupakan biaya yang keuntungannya sanggup diidentifikasi dalam objek tertentu
- Indirect Cost (Biaya tak Langusng) , merupakan biaya yang keuntungannya tidak sanggup diidentifikasi dalam objek tertentu , atau dengan kata lain , biaya dimana keuntungannya dinikmati oleh beberapa objek atau sentra biaya
Dalam kaitannya dengan produk , biaya sanggup dibagi 2 , yaitu:
- Biaya Langsung Kepada Product , biaya raw material (bahan baku) dan biaya tenaga kerja langung ialah biaya pribadi terhadap product alasannya sanggup diidentifikasi secara pribadi pada produk.
- Biaya Tidak Langsung kepada Product , Biaya overhead pabrik ialah biaya tidak pribadi kedalam produk alasannya tidak sanggup diidentifikasi secara pribadi pada produk
Dilihat kaitannya dengan departemen-departemen yang terdapat dalam pabrik , biaya sanggup digolongkan menjadi biaya pribadi departemen dan juga biaya tidak pribadi departemen.
Tujuan dari sebuah departementalisasi ialah untuk ketelitian pembebanan harga pokok serta untuk pengendalian atas biaya.
Departement dalam pabrik sanggup digolongkan menjadi 2 kelompok:
Tujuan dari sebuah departementalisasi ialah untuk ketelitian pembebanan harga pokok serta untuk pengendalian atas biaya.
Departement dalam pabrik sanggup digolongkan menjadi 2 kelompok:
- Departemen produksi , departement produksi ialah kepingan yang ada dalam pabrik diaman dilaksanakan pengolahan materi baku (raw material) menjadi produk jadi.
- Departmen jasa , merupakan kepingan yang ada dalam pabrik yang menghasilkan jasa yang nantinya akan dimanfaatkan oleh departemen yang lain. baik departemen produksi ataupun departemen jasa yang lainnya.
4. Berdasarkan sikap biaya yang berkaitan dengan perubahan volume aktivitas
Pengelompokan biaya sesuai dengan perubahannya pada kegiatan utama yang bertujuan untuk perencanaan serta pengendalian biaya , dan juga pengambilan suatu keputusan.Tendensi perubahan suatu biaya terhadap acara sanggup digolongkan menjadi:
a. Biaya tetap
- Biaya yang jumlahnya tetap tidak dipengaruhi perubahan atas volume kegiatan hingga suatu tingkatan tertentu.
- Biaya satuan akan mengalami perubahan yang berbanding terbalik dengan perubahan atas volume aktivitas.
- Biaya dimana jumlahnya akan mengalami perubahan secara proporsional dengan perubahan volume aktivitas.
- Biaya satuan takterpengaruh oleh perubahan volume aktivitas/kegiatan.
- Biaya dimana jumlahnya berubah sesuai dengan perubahan volume aktivitas/kegiatan , namun perubahannya tak sebanding.
- Biaya satuan berubah terbalik dihubungkan dengan perubahan volume aktivitas/kegiatan namun sifatnya tak sebanding.
5. Berdasarkan Jangka Waktu Manfaat
Biaya sanggup dibagi menjadi dua bila berdasarkan pada jangka waktu manfaatnya:- Capital Expenditures (pengeluaran modal) , merupakan pengeluaran suatu biaya yang mempunyai manfaat lebih dari satu tahun buku (periode akuntansi). Ketika pengeluaran ini terjadi , dikapitalisasi kedalam harga perolehan aset dan pembebanannya pada periode akuntansi diaman aset tersebut dimanfaatkan. Silahkan baca bahasan ini lebih lengkap dan perlakuan akuntansinya di: akuntansi-manajemen" target="_blank">pengeluaran modal.
- Revenue Expenditures (Pengeluaran Pendapatan) , pengeluaran ini memperlihatkan keuntungannya pada waktu periode akuntansi dimana pengeluaran itu terjadi. Umumnya , pengeluaran ini pribadi dibebankan pada periode tersebut.
Perbedaan akuntansi-manajemen" target="_blank">pengeluaran pendapatan dan pengeluaran modal.
Baiklah cukup hingga disini dasar dasar dari akuntansi biaya Sumber https://duniaaktaunik1.blogspot.com/ Sumber http://chocgurlz-syzas.blogspot.com/ Sumber http://davidcawthray.blogspot.com/ Sumber https://hizzamzone.blogspot.com/ Sumber https://lyacygdye.blogspot.com/